SMART talk when needed, STUPID they need to talk


Komunikasi merupakan sarana yang paling penting untuk berinteraksi satu sama lain, baik dalam bentuk lisan maupun tertulis. Diskusi, salah satu bentuk komunikasi secara lisan untuk meyampaikan gagasan dan pemikiran kita. Pernah dong ikut diskusi, masak mahasiswa gak pernah ikut diskusi, biasanya diskusi terdapat beberapa pembicara,moderator dan audiens. Obyek material diskusi pun bermacam-macam, dari cuma bincang santai sampai masalah politik. Dalam diskusi, komunikasi lisan yang dominan karena kita dituntut bicara untuk mengungkapkan gagasan-gagasan yang ada dalam pikiran kita. Tentunnya diskusi memiliki aturannya sendiri, semisal berbicara secara sopan, menghargai orang yg lagi ngomong, ndengerin orang yg lagi ngomong. Elemen yang terlibat dalam suatu diskusi antara lain, moderator, pemateri, dan audiens. Masing-masing memiliki perannya sendiri dalam diskusi, moderator bertugas mem-fasilitasi waktu untuk berdiskusi, menyampaikan tema diskusi, menjaga jalannya diskusi supaya tidak OOT. Pemateri memberikan materi, menjawab dan menanggapi suatu pertanyaan. Audiens ya tugasnya mendengarkan materi yang disampaikan, menanggapi materi yang disampaikan. Kalau tidak ada interaksi antar elemen diskusi, diskusi hanya akan berjalan searah dan tidak menarik.

Ok, sekarang bicara mengenai gimana sih bicara yang baik dalam suatu diskusi? ada yang tahu?. Saya berikan beberapa tips ya, ini berdasar pengalaman pribadi penulis. Pertama, masalah penampilan, penampilan yang sopan dan pantas untuk diskusi, kata orang jawa “ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana” artinya harga diri seseorang itu dinilai dengan apa yang keluar dari lidahnya, sedangkan badan dihargai  jika kita memakai busana yang pantas. Pakai pakaian yang sopan dan pantas supaya orang lebih respect dengan kita. Kedua, Bicara dengan sopan dan sesuai dengan tema. kalo ini memang hal mutlak dalam diskusi, sampaikan gagasan utama yang ada di pikiran kalian, kemudian jabarkan dengan kalimat yang mudah dimengerti. Bicara dengan sopan adalah menggunakan kata-kata yang halus, gak SARA, gak rasis, dengan begitu orang dapat menghargai pendapat kita. Tips ketiga, Jangan memotong pembicaraan, kalau punya gagasan yang bagus, simpan dulu tunggu orang itu selesai mengutarakan pembicarannya, dengan begitu pendapat kalian dapat mudah didengar. Bagaimana kalo kita gak setuju dengan yang lain? Pro Kontra itu pasti selalu terjadi, karena gak mungkin pemikiran semua orang dalam satu tempat itu dapat disatukan, sehingga perdebatan akan menjadi hal yang ramai didengar. Keempat, Menyanggahlah dengan kata-kata yang sopan dan jelas bahwa kita kurang setuju dengan argumen tersebut disertai alasan dan gagasan anda yang tepat. Terkadang, ada orang yang berbicara panjang lebar sampai menyita waktu tapi malah keluar dari topik dan meleber kemana-mana (debat kusir ntar). jadi inget kata pepatah barat ” Orang pintar itu bicara jika perlu, orang bodoh mereka perlu bicara” , intinya bicara seperlunya jika diberi kesempatan dengan kata-kata yang jelas dan gampang dimengerti, hindari istilah yang susah dimengerti (ngomongnya jangan pake istilah sulit yang gak perlu, kalo ada kata gampangnya kenapa pake yang sulit). Jangan dikira dengan memakai kata-kata yang sulit, semacam bahasa alien, kita terus dianggap pinter/intelek gitu, gaaakkk, salah besar!. Orang lebih suka denger kata-kata yang gampang dimengerti sehingga mereka dapat menangkap apa sih yang sedang kita bicarakan. Terakhir, Bicara efisien dan efektif dan sesuai topik, nanti ketauan kok siapa “orang pintar” dan “orang bodoh” dalam diskusi.

Sepertinya segitu saja tips yang dapet saya berikan, hhe. Long weekend nih, pada kemane aja nih, Selamat liburan aja deh. Thank you for visiting my blog. Saya tunggu responnya.

Tagged , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: