KBS (Kebun Binatang Surabaya), riwayatmu kini..


Miris sekali melihat berita tentang kebun binatang Surabaya yang terbengkalai, satwa koleksi kebun binatang banyak yang mati karena buruknya pengelolaan kebun binatang. bukannya ke kebun binatang liat aneka satwa unik, yang ini malah lihat hewan pada mati kelaparan gara-gara gak diurusin. Akhir April ini saja sudah ada dua koleksi KBS yang mati. Sebelumnya seekor kambing gunung tewas akibat perkelahian, kini seekor Arapaima Gigas mati setelah lompat dari kolamnya (stress kali gak dikasih makan).

Kalau diitung-itung tahun ini (2012) sudah ada lima binatang KBS yang mati, antara lain Celeng Gonteng, Jerapah, Banteng Jawa, Kambing Gunung, dan Arapaima. Jerapah koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) ini yang bernama Kliwon mati tidak wajar yaitu menelan sampah plastic, bisa-bisanya menelan plastic (mungkin kelaperan gak dikasih makan, atau jgn2 dikasih makan plastic wkwk). Pada pertengahan November 2011 lalu, seekor Kijang jantan  berumur 1 tahun mati. Pihak KBS menyatakan matinya kijang karena faktor alam, karena kedinginan setelah Surabaya diguyur hujan deras, (emangnya di alam liar gak dingin ye, toh pada hidup2 aja kok kijang di hutan).Lagi, kematian Komodo berusia 20 tahun. Penyebab kematiannya masih jadi teka-teki (jadiin hewan kurban kali sama pemiliknya). Data menyebut, hampir 250 hewan koleksi KBS mati selama 2011. Di antaranya, kambing gunung di KBS mati akibat pencernaannya terganggu. Ternyata, setelah dibedah, di dalam perutnya ditemukan kantong plastik kresek (lagi). Begitu juga dengan matinya seekor buaya, yang di dalam perutnya ditemukan 25 batu (batunya dikira bakso kali sama buayanya). Kematian beruntun satwa koleksi KBS ini masih menjadi pertanyaan.

Pemkot surabaya malah tidak memprioritaskan KBS untuk investor yang masuk, padahal akar permasalahan KBS dari Sumber daya. Bahkan Pemkot Surabaya tidak akan memasukan KBS dalam SK baru. Artinya KBS ditiadakan dalam SK baru tahun ini. Ujung-ujungnya mungkin akan ditutup nih kebun binatang. tetapi yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan pekerja yang sudah bekerja berpuluh tahun di KBS? lalu tiba-tiba dipecat karena kebangkrutan KBS. Dulu, Kebun binatang Surabaya merupakan salah satu kebun binatang yang popular di Indonesia, pernah juga menjadi kebun binatang dengan koleksi terlengkap se-asia tenggara. Tampaknya istilah itu kini berubah menjadi kebun binatang dengan manajemen terburuk setelah daftar panjang koleksi satwa langka yang mati. Banyak sekali rumor dibalik buruknya pengelolaan kebun binatang, antara lain manajemen yang buruk, dana pengelolaan kebun binatang yang minim, bahkan money laundry (kalo ini mungkin gossip). KBS rencananya pun mau ditutup oleh pemerintah Surabaya karena dirasa sudah tidak layak lagi sebagai kebun binatang. Kalo menurut saya, mending ditutup aja deh tuh kebun binatang daripada dipaksakan trus binatang langka yang disitu pada mati semua. Binatangnya dipelihara di hutan konservasi atau dihibahkan ke kebun binatang lain.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: