Google Risleting Edition (Gideon Sundback, Sang Penemu risleting)


Ada yang aneh Google hari ini? Coba buka deh, Google.com. Tampak risleting melintang di search box google, bisa ditarik juga risletingnya. (Keliatan cancutnya ya? wkwkw ya nggak lah). Hari ini google didesain seperti itu untuk memperingati hari ulang tahun dari sang pembuat risleting (hayoo pasti pada gak tau wkwk), ya betul, Beliau adalah Gideon sundback. Sebenarnya pembuatan risleting sudah ada sebelum beliau mengembangkan risleting, akan tetapi belum sempurna dan disempurnakan oleh Pak Gideon. Hari ini Selasa, 24 April 2012 merupakan ulang tahun beliau yang ke-132. Gideon Sundback, berkebangsaan Swedia-Amerika serikat, lahir pada tanggal 24 April 1880. Beliau mengembangkan risleting yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh beberapa insinyur seperti Elias Howe, Max Wolff dan Whitcomb Judson (Yang merupakan ayah mertua Sundback sendiri). Sundback bekerja pada perusahaan milik ayah mertuanya sendiri, Talon inc.
Bernama lengkap Otto Fredrik Gideon Sundback, belaiu lahir di Swedia. Dia adalah anak Jonas Otto Magnusson Sundback dan sang ibu Kristina Karolina Klasdotter. Sundback menghabiskan masa kecilnya di swedia dan bersekolah disana. kemudian pindah ke jerman untuk belajar di Politeknik di Bingen am Rhein. Pada tahun 1905, Sundback pindah ke amerika serikat dan bekerja di Westinghouse Electric dan Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania. Kemudian ia bekerja  di Hoboken oleh Univeral Fastener Company di New Jersey. Karena kerja bagusnya, Sundback dipromosikan ke jabatan Kepala desainer di Universal fastener. Tahun 1999, Sundback menikahi putri dari manajer pabrik bernama Elvira Aronson.

Risleting memang sudah diketemukan sebelumnya, akan tetapi bentuknya tidak semodern bentuknya yang sekarang. Sundback meningkatkan jumlah elemen pengancing dari empat per inci sampai sepuluh atau sebelas. Penemuan-nya memiliki dua baris gigi berhadapan yang ditarik ke dalam satu bagian dengan slider, dan meningkatkan pembuka untuk gigi yang dipandu oleh slider.
Pengembangan Risleting menjadi versi yang lebih baru oleh Sundback diberi kode nama “No Hookless 2” yang bentuk seperti risleting yang kita pakai sekarang ini. Lha, atas penemuannya ini beliau dihadiahi paten Amerika Serikat no.1219881 untuk penemuan Risleting yang diberi merk “Fastener Separable”. Risleting dipopulerkan oleh BF Goodrich pada tahun 1923, setelah mereka memasang pada produk sepatu boot mereka sendiri. Sampai sekarang penggunaan risleting banyak ditemukan di produk-produk baju, dan pengganti Fly di celana Jeans. Begitulah riwayat pak Sundback, apa jadinya kalo risleting gak ditemukan. (Kalo kebelet kan tinggal tarik, sreet, gak perlu ribet.. wkwk)

Terima kasih sudah berkunjung, Happy birthday Pak Gideon Sundback.

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: