Earth day, April 22nd Feedback to the Earth


Don’t you know? today is The Earth day. Hari dimana kita merayakan bumi sebagai habitat tempat kita tinggal. Secara singkat Sejarah hari bumi atau Earth Day yang diperingati setiap tanggal 22 April diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin. Dimana hampir 20 juta orang turun ke jalan, melakukan demonstrasi kepada para perusak lingkungan, dan memadat Fifth avenue di New York sebagai puncak peringatan hari Bumi yang pertama.

Bumi, Planet ketiga dari matahari, terciptanya planet bumi kalo saya katakan sebagai suatu kebetulan ilmiah dan tanpa campur tangan tuhan semua itu gak bakal terjadi.  Dimulai dengan teori Big Bang, berdasarkan Theory Big Bang, proses terbentuknya bumi berawal dari puluhan milyar tahun yang lalu. Pada awalnya terdapat gumpalan kabut raksasa yang berputar pada porosnya. Putaran yang dilakukannya tersebut memungkinkan bagian-bagian kecil dan ringan terlempar ke luar dan bagian besar berkumpul di pusat, membentuk cakram raksasa. Suatu saat, gumpalan kabut raksasa itu meledak dengan dahsyat di luar angkasa yang kemudian membentuk galaksi dan nebula-nebula. Selama jangka waktu lebih kurang 4,6 milyar tahun, nebula-nebula tersebut membeku dan membentuk suatu galaksi yang disebut dengan nama Galaksi Bima Sakti, kemudian membentuk sistem tata surya. Sementara itu, bagian ringan yang terlempar ke luar tadi mengalami kondensasi sehingga membentuk gumpalan-gumpalan yang mendingin dan memadat. Kemudian, gumpalan-gumpalan itu membentuk planet-planet, termasuk planet bumi. Lho kok bisa planet bumi bisa muncul kehidupan sedangkan planet yang lain gak ada? jawabannya simpel, jarak matahari dengan planet bumi yang sekiranya pas sebagai syarat munculnya bentuk-bentuk kehidupan, sehingga panas yang diterima diperkirakan cukup (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin untuk syarat munculnya kehidupan). jawaban lain, komposisi bumi yang memenuhi syarat terbentuknya suatu kehidupan di bumi, terbentuknya atmosfer bumi yang melindungi kita dari sinar radiasi berbahaya dari matahari berfungsi semacam filter cahaya yang masuk ke bumi supaya cukup dan aman bagi kehidupan. Beranekaragam kehidupan dari spesies terkecil sampai terbesar, dari bakteri sampai dinosaurus, dari manusia purba sampai manusia modern (homo sapiens). Perubahan lingkungan di bumi secara lambat yang menyebabkan evolusi bentuk kehidupan dari primitif sampai modern.

Saat ini bumi berusia lebih dari 4,6 Milyar tahun. Dengan jumlah penduduk lebih dari 6 milyar jiwa. Pertumbuhan penduduk bumi dikutip dari data bank dunia, penduduk bumi pada tahun 1960 mencapai 3,0272 milyar jiwa, dan pada tahun 2010 mengalami kenaikan hampir 200 % dengan jumlah mencapai 6,8405 jiwa. Penemuan mesin uap oleh james watt yang kemudian terjadi Revolusi Industri, memberikan dampak negatif dan positif. Mekanisasi pada sektor-sektor industri menimbulkan perkembangan ekonomi secara pesat pada semua sektor, dampak negatif yang bisa dibilang lebih merugikan daripada dampak positif karena ini menyangkut dampak jangka panjang. Dampak dari Revolusi Indsutri malah menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah. Emisi CO2, pembuangan limbah industri, pencemaran lingkungan oleh minyak di laut. Dikutip dari Nationalgeographic.co.id, Dalam kurun waktu antara tahun 1990 sampai 2010, emisi karbon dioksida (CO2) tahunan secara global telah meningkat 45 persen. Kini angkanya mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah, yakni mencapai 33 miliar ton. Temuan itu terungkap dalam laporan bertajuk ‘Long-term trend in global CO2 emissions’ yang disusun oleh Joint Research Centre milik European Commission (EC) dan PBL Netherlands Environmental Assessment Agency. Global warming sudah didepan mata, killing slowly but sure, proses yang harusnya berjalan secara alamiah kemudian menjadi cepat karena perusakan lingkungan yang parah.

Ya, tidak hanya sisi negatif yang saya bahas, tapi ada juga aksi masyarakat dunia maupun pemerintahan internasional untuk menjaga bumi dari kerusakan lebih parah. Seperti salah satu organisasi bentukan UN (United nations)- Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa. UN membentuk United Nations Environment Programme (UNEP). United Nations Environment Programme (UNEP) berperan mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas alam sekitar Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan membantu negara-negara berkembang melaksanakan kebijakan mengenai alam dan menggalakkan sustainable development di dunia. Organisasi ini didirikan setelah United Nations Conference on the Human Environment pada Juni 1972 dan bermarkas di Nairobi, Kenya. UNEP juga memiliki enam kantor regional. Misi UNEP adalah “melengkapi kepemimpinan dan mendorong hubungankerjasama dalam kepedulian terhadap lingkungan melalui pembentukan inspirasi, pemberian informasi yang memungkinkan rakyat dan bangsa untuk memperbaiki kualitas hidup mereka tanpa membahayakan generasi penerus bangsa”. Banyak juga Organisasi Non Pemerintah atau Non-Govermental Organization (NGO) yang berperan aktif menjaga kelestarian bumi. sebagai contoh green peace dll.

Kita sebagai generasi muda seharusnya sadar, karena bumi kita bukan warisan nenek moyang, tetapi titipan anak cucu kita. Oleh karena itu kita harus menjaganya.

Selamat Hari Bumi!! Happy Earth day!!

Sejarah hari bumi atau Earth Day yang diperingati setiap tanggal 22 April diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin
Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: