Global warming – Kyoto Protocol, Bali Roadmap, REDD dan politik tentang lingkungan


Baru-baru ini isu perubahan iklim mulai terlihat dampaknya pada masyarakat global. dampak dari industrialisasi besar-besaran pada era milennium sangat besar pada lingkungan, dampaknya dari positif sampai negatif yang menurut saya lebih dominan. “Global Warming”, istilah yang populer menggambarkan pemanasan global akibat gas erk (efek rumah kaca) yang mengakibatkan kenaikan suhu yang signifikan, sampai-sampai es di antartika pun ikut mencair. Global warming ini berdampak besar pada kehidupan dibumi,banyak fauna maupun flora dengan berbagai spesies punah akibat perubahan pada kondisi habitat.
Menanggapi masalah ini PBB mengadakan Protokol kyoto. Protokol Kyoto adalah sebuah amandemen terhadap Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), sebuah persetujuan internasional mengenai pemanasan global. Negara-negara yang meratifikasi protokol ini berkomitmen untuk mengurangi emisi/pengeluaran karbon dioksida dan lima gas rumah kaca lainnya, atau bekerja sama dalam perdagangan emisi jika mereka menjaga jumlah atau menambah emisi gas-gas tersebut, yang telah dikaitkan dengan pemanasan global.Nama resmi persetujuan ini adalah Kyoto Protocol to the United Nations Framework Convention on Climate Change (Protokol Kyoto mengenai Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim) dinegosiasikan di Kyoto pada Desember 1997, dibuka untuk penanda tanganan pada 16 Maret 1998 dan ditutup pada 15 Maret 1999. Persetujuan ini mulai berlaku pada 16 Februari 2005 setelah ratifikasi resmi yang dilakukan Rusia pada 18 November 2004.Indonesia tidak ikut serta dalam protokol kyoto ini, mungkin kesannya lambat ya dalam menanggapi masalah lingkungan seperti ini (kayaknya lebih enak ikut2an, manutt).
Tujuan diadakannya protokol ini adalah untuk mengurangi rata-rata emisi dari enam gas rumah kaca – karbon dioksida, metan, nitrous oxide, sulfur heksafluorida, HFC, dan PFC – yang dihitung sebagai rata-rata selama masa lima tahun antara 2008-12. Target nasional berkisar dari pengurangan 8% untuk Uni Eropa, 7% untuk AS, 6% untuk Jepang, 0% untuk Rusia, dan penambahan yang diizinkan sebesar 8% untuk Australia dan 10% untuk Islandia.
Kemudian, indonesia mulai berperan serta melalui Bali Roadmap adalah kesepakan yang dihasilkan melalui sidang PBB yang dilaksanakan di Bali, Indonesia pada tahun 2007 mengenai upaya untuk menyelamatkan bumi dari dampak perubahan iklim.Ada tiga hal penting hasil Konferensi PBB mengenai Perubahan Iklim (UNCCC), yaitu:

Menyepakati 4 agenda sebagai berikut.

  • Tercapainya kesepakatan dunia.
  • Aksi untuk melakukan kegiatan adaptasi terhadap dampak negatif perubahan iklim (misalnya banjir dan kekeringan).
  1. Cara mengurangi emisi GRK.
  2. Cara mengembangkan dan memanfaatkan teknologi yang bersahabat dengan iklim.
  3. Pendanaan untuk mitigasi dan adaptasi.
  • Menyepakati target waktu pelaksanaan, yaitu pada tahun 2009.

Adapun Bali Roadmap sendiri terdiri atas lima hal, yaitu komitmen pasca 2012, dana adaptasi, alih teknologi, REDD (Reducing Emission from Deforestation in Developing Countries atau dalam bahasa Indonesia mengurangi emisi akibat penggundulan hutan di negara berkembang), dan CDM (Clean Development Mechanism).

REDD (Reducing Emissions From Deforestation and Forest Degradation in Developing Countries) kemudian terbentuk setelah bali roadmap pada 2007. REDD dimaksudkan sebagai tindak lanjut dari Protokol Kyoto, Bali roadmap untuk tindakan mitigasi iklim di sektor kehutanan.

manfaat REDD bagi indonesia

  •  sisi tanggung jawab indonesia sebagai anggota komunitas internasional (PBB)
  •  sisi kewajiban seluruh komponen bangsa untuk kepentingan nasional, terlepas ada tidaknya mekanisme internasional yang mendorong/memaksa indonesia melakukannya
  •  kerusakan hutan di indonesia dapat diminimalisir dengan skema REDD (pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan)
  •  dapat mendukung upaya indonesia dalam mencapai tujuan reformasi yang telah/sedang dilakukan di sektor kehutanan.

 

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: