Mengapa istilah diserang penyakit tidak tepat, yang tepat adalah diserang patogen?


TUGAS DASAR ILMU PENYAKIT TUMBUHAN

Pertanyaan:

1.      Mengapa istilah diserang penyakit tidak tepat, yang tepat adalah diserang patogen. Jelaskan?

2.      Komponen Segitiga Penyakit adalah:

  • Tanaman Inang
  • Patogen
  • Lingkungan

Dalam kondisi seperti apa penyakit bisa timbul?

Jawaban:

1.      Secara biologis tumbuhan dikatakan sakit bila tidak mampu melakukan kegiatan fisiologis secara normal, yang meliputi respirasi, fotosintesis, penyerapan gizi yang diperlukan dan lain-lain. Selain itu tanaman sakit juga tidak dapat menunjukkan kapasitas genetiknya, seperti berdaya hasil tinggi, morfologi yang normal dan lain-lain

Berdasarkan penyebabnya penyakit tumbuhan dikelompokkan dalam:

  • penyakit yang disebabkan oleh penyebab non hidup (abiotik), penyakit demikian bersifat tidak menular (noninfectious), dan
  • penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jasad hidup (biotik), yang bersifat menular.

Penyebab penyakit abiotik antara lain adalah kekurang unsur hara, suhu yang sangat rendah ataupun sangat tinggi, pencemaran (polusi). Penyakit tumbuhan biotik antara lain adalah jamur (fungi), bakteri, fitoplasma, virus, viroid, nematoda dan tumbuhan parasitic.

Sedangkan Patogen adalah Agen biologis yang menyebabkan penyakit pada inangnya, sehingga Patogen hanya merupakan penyebab.Penyakit dikatakan sebagai proses interaksi antara tanaman, lingkungan, dan penyebab penyakitnya.

Dengan demikian penyakit tidak bisa menyerang karena merupakan proses atau interaksi, yang bisa menyerang adalah penyebabnya yaitu patogen itu sendiri. Sebagai contoh, “Tanaman saya terserang jamur” , bukan “Tanaman saya terserang penyakit”.

2.       Penyakit pada tanaman bisa muncul karena di suatu tempat ada tanaman, patogen, serta lingkungan. Ini yang disebut segitiga penyakit dimana munculnya penyakit karena tiga faktor itu saja (tanaman, patogen, lingkungan), salah satu faktor tidak ada atau tidak memenuhi syarat maka penyakit tidak akan muncul.

Syarat yang harus dipenuhi oleh ketiga faktor agar muncul penyakit adalah tanaman harus peka, penyebab penyakit harus virulen (fit dan ganas), dan lingkungan mendukung. Segitiga penyakit ini hanya berlaku pada kondisi alami. Penyakit muncul tanpa campur tangan manusia dan biasanya dalam keseimbangan. Penyakit yang muncul bisa sangat parah namun juga bisa sangat ringan. Hanya jenis-jenis tanaman yang mempunyai ketahanan tinggi yang bisa tetap “survive” ketika ada gangguan penyakit yang parah.

One thought on “Mengapa istilah diserang penyakit tidak tepat, yang tepat adalah diserang patogen?

  1. […] Mengapa istilah diserang penyakit tidak tepat, yang tepat adalah diserang patogen? […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: